Punya Sofa Berbahan Kulit Sintetis? Ini Dia Cara Perawatan yang Benar

Selain furniture, interior rumah yang juga sering diutamakan pengerjaannya adalah pelapis dinding baik cat maupun wallpaper atau kertas dinding. Jenis, motif dan harga wallpaper bervariasi, ada wallpaper dinding murah ada juga yang mahal tergantung kualitas.

Saat ini tengah populer penggunaan wallpaper sebagai pelapis dinding dibanding menggunakan cat. Selain praktis dan awet, pilihan wallpaper kini sangat banyak ragamnya yang bisa disesuaikan dengan selera dan harga. Sudah banyak toko yang menjual wallpaper dinding murah sehingga konsumen dengan mudah bisa mencari wallpaper yang diinginkannya.

Sesuaikan Wallpaper dan Sofa

Toko yang jual wallpaper dinding biasanya menyediakan jasa konsultasi interior rumah. Konsumen yang ingin bertanya seputar interior rumah dan tips perawatan mulai dari wallpaper itu sendiri hingga furniture bisa menanyakannya secara langsung. Mereka bisa berkonsultasi tentang furniture, misal sofa, yang cocok dengan wallpaper yang akan dipasang. Atau malah sebaliknya, mereka sudah memiliki sofa dengan model dan warna tertentu dan ingin mengombinasikannya dengan wallpaper yang sesuai, maka mereka juga bisa berkonsultasi.

 

Biasanya pemilik rumah jaman sekarang suka yang praktis, apalagi yang tinggal di hunian mungil atau apartemen. Mereka cenderung akan memilih menggunakan pelapis dinding berupa wallpaper dinding murah dan memilih perabot yang minimalis. Jika mereka memilih sofa, mereka pasti akan memilih desain minimalis dan berbahan praktis, misal dari kain atau kulit sintetis. Selain desainnya yang bervariasi, sofa yang menggunakan kain atau kulit sintetis relatif lebih murah, lebih mudah dibersihkan dan mudah dalam perawatannya.

Sofa Kulit Sintetis Lebih Favorit

Sofa sendiri banyak dipilih sebagai perabot rumah favorit karena selain nyaman, desainnya juga bermacam-macam sehingga selain sebagai perabot, sofa juga bisa digunakan sebagai hiasan. Di toko yang jual wallpaper dinding biasanya juga memiliki channel atau toko rekomendasi yang menjual perabot rumah tangga termasuk sofa kekinian, sehingga mereka yang membeli wallpaper di sana juga bisa langsung memesan sofa yang diinginkan.

 

Sofa Kulit Sintetis

Sofa dengan bahan sintetis menjadi salah satu pilihan konsumen. Dibanding kulit asli, kulit sintetis lebih murah dan lebih mudah perawatannya serta warnanya lebih variatif. Kulit sintetis lebih toleran terhadap cairan dan cahaya matahari. Namun Anda tetap harus melindungi sofa jenis ini dari terkena banyak cairan dan noda, juga paparan cahaya matahari yang menyengat dan lama karena kulit sintetis akan mudah mengeras, mengerut dan pecah-pecah.

Agar sofa berbahan kulit sintetis tetap awet, bersih dan indah, Anda tidak boleh sembarangan dalam membersihkannya karena alih-alih bersih, sofa bisa tergores, sobek atau banyak nodanya. Berikut ini ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam membersihkan dan merawat sofa berbahan kulit sintetis dengan benar.

1. Gunakan kemoceng atau lap kering untuk membersihkan debu yang menempel dan membersihkan sehari-hari.

2. Jika ada noda, gunakan kain atau kanebo yang dibasahi dengan air yang dicampur sabun cair. Lap dengan lembut hingga noda hilang.  Tunggu hingga kering dan lap kembali dengan lap atau kanebo bersih agar tidak ada air dan sabun yang menempel. Jika noda masih ada, Anda bisa mengulangi lagi langkah tersebut.

3. Untuk noda bandel, selain bisa menggunakan sabun cuci cair atau sabun bayi Anda juga bisa menggunakan air yang dicampur cuka dengan perbandingan 5 : 1. Basahkan kain dengan campuran air cuka dan peras hingga kering, baru disapukan di atas noda. Setelah itu lap lagi dengan lap kering hingga bersih.

4. Gunakan sikat berbahan lembut untuk membersihkan sela-sela sofa atau lipatan antar jahitan sofa agar bersih sempurna.

biopolish leather care

5. Gunakan bahan polesan biopolish leather care karena selain tas, sepatu atau ikat pinggang, sofa juga bisa dilembabkan dengan bahan polesan yang memang berfungsi untuk melembabkan dan melenturkan kulit sintetis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *