Jasa Instalasi Listrik Beserta Jenis-jenis Kabel

Kabel adalah suatu medium perantara yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik, di mana kabel tersebut dihubungkan pada suatu tegangan listrik dan telah dibalut dengan bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik. Jika tersentuh tidak akan menimbulkan efek kesetrum atau yang lainnya. Di dalam kabel memiliki inti yang berbeda-beda berfungsi sebagai penghubung hantaran listrik, antara lain berinti tunggal. dua, tiga, atau empat. Suatu komponen yang dihubungkan dengan kabel, akan memperoleh listrik malalui media kabel tersebut. Arus listrik tidak hanya melalui kabel, namun juga dapat melalui benda yang dapat menghantarkan arus listrik salah satunya adalah besi.

 

Jasa Instalasi Listrik Beserta Jenis-jenis Kabel

Jenis-jenis Kabel

Kabel termasuk komponen terpenting dalam menunjang kebutuhan setiap orang. Salah satunya media elektronik, pastinya membutuhkan kabel untuk menghubungkan arus listrik termasuk lampu. Karena media elektronik, tidak dapat berfungsi jika tidak ada arus listrik. Contoh media elektronik tersebut adalah kulkas, kipas angin, oven, kompor listrik, magic jar, dan lain-lain. Nah jika Anda ingin memasang sebuah kabel, namun anda tidak terlalu paham tentang kabel. Anda dapat memanggil kontraktor ME, yang sudah berpengalaman dan pastinya aman. Sehingga, kabel terpasang dengan benar tanpa menimbulkan konsleting listrik atau yang lainnya. Karena pemasangan kabel tidak dapat dilakukan secara sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya Anda harus tahu jenis-jenis kabel. Berikut beberapa jenis kabel :

1. Kabel NYM, kabel ini dilapisi isolasi dua lapis PVC. Sehingga, keamanannya sudah terjamin daripada kabel yang lain. Biasanya kabel berwarna putih atau abu-abu, dengan harga yang lumayan mahal karena kualitasnya tersebut.

2. Kabel AAAC, terbuat dari aluminium magnesuim silicon dengan campuran logam. Sehingga, daya hantaran listrik yang sangat tinggi dan tahan lama karena anti karat.

3. Kabel NYAF, kabel ini penghantar tembaga serabut yang berisolasi PVC dan bersifat kabel fleksibel. Sehingga, cocok untuk pemakaian pada panel-panel yang membutuhkan sifat fleksibelitas sangat tinggi.

4. Kabel NYFGbY, kabel ini digunakan pada instalasi tertutup maupun terbuka. Contohnya instalasi bawah tanah dan saluran-saluran yang mengalami gangguan mekanis yang sangat tinggi.

5. Kabel NYA, dilapisi isolasi PVC berinti tunggal dengan harga yang lebih murah dan biasanya sering dipakai pada bangunan rumah. Digunakan pada instalasi kabel luar / kabel udara dengan warna kabel merah, kuning, hitam,dan biru. Karena lapisan kabel ini hanya satu lapis, sehingga kabel lebih mudah rusak akibat cuaca dan gigitan tikus. Untuk itu, jika Anda ingin memakai kabel jenis ini harus dipasang di dalam pipa atau saluran tertutup. Sehingga lebih aman dan meminimalisir adanya gigitan tikus atau yang lainnya.

Baca juga: Keagungan Arsitektur Victorian di Tengah Majunya Zaman

6. Kabel NYY, kabel dilapisi isolasi PVC berwarna hitam dan berinti dua, tiga atau empat. Biasanya digunakan pada instalasi yang tertanam / di dalam tanah. Kabel ini lebih mahal daripada kabel NYM karena lapisan yang lebih kuat dan bahan tidak disukai oleh tikus.

7. Kabel ACSR, terbuat dari kawat penghantar yaitu alumunium dengan inti kawat baja. Digunakan pada saluran yang bertegangan tinggi dengan jarak mencapai ratusan meter.

Banyak ya ternyata jenis kabel di atas, dengan jenis-jenis dan kegunaan yang berbeda di setiap kabel yang mungkin sulit dipahami bagi orang awam. Oleh karena itu, jika Anda orang awam ingin menggunakan kabel namun tidak mengerti berbagai jenis kabel. Dan untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan, Anda perlu memakai jasa instalasi listrik. Sehingga, keamanan dan kelancaran pemasangan kabel lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *