Ingin Ganti Pintu Kaca Tapi Tidak Tahu Cara Pasangnya? Ini Dia Penjelasannya

Pintu kaca adalah pintu yang saat ini sedang menjadi tren dalam industri bangunan. Banyak bangunan yang menggunakan pintu kaca ini antara lain seperti kantor – kantor perusahaan, gedung – gedung mall, dan juga hotel. Penggunaan pintu kaca ini dimaksudkan agar orang luar dapat melihat keindahan atau kemewahan dalam gedung, serta penggunaan pintu kaca ini juga dapat berfungsi agar orang – orang yang berada di dalam gedung dapat melihat aktivitas orang – orang  di luar ruangan. Lalu, bagaimana cara agar dapat menganti  pintu rumah anda dengan  pintu kaca?

Cara Mengganti Dengan Pintu Kaca

Ada beberapa langkah yang harus diketahui saat memesang pintu kaca.

1.    Siapkan Alat – Alat yang Akan Digunakan

Di dalam pemasangan pintu kaca, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan sebelum anda melakukan pemasangan pintu kaca, antara lain :

  • Cutter
  • Paku
  • Pengungkit
  • Sarung tangan
  • Lem penyegel
  • Lakban atau selotip

2.    Cara Memasang Pintu Kaca

Setelah anda selesai menyiapkan bahan – bahan yang dibutuhkan lagkah selanjutnya adalah proses pemasangan.

a)    Lepas Pintu Lama

Tahap pertama dalam menganti pintu kaca adalah melepas pintu yang lama. Cara melepasnya pun mudah anda hanya perlu mencongkel pintu yang sudah ditempeli oleh lakban atau solatip. Kemudian anda dapat menggunakan cutter sebagai pemotong penyegel agar bingkai pintu dapat terlepas.

b)    Melepas Kayu Dari Bingkai

Tahap ke dua melepaskan kayu dari bingkai. Dalam melepaskan kayu dari bingkai anda dapat menggunakan pengungkit sebagai alat untuk melepaskannya.

c)    Bersihkan Bingkai Pintu

Dalam melakukan pengantian pintu kaca, pasti ada serpihan – serpihan kaca yang tertinggal di bingkai pintu. Dalam tahap ini kamu dapat menggunakan sarung tangan agar lebih aman dan menghindarkan tangan dari luka akibat terkena kaca.

d)    Gunakan Ukuran Kaca yang Anda Butuhkan

Setelah proses pelepasan dan pembersihan selesai pastikan ukuran kaca yang ada punya sesuai dengan kebutuhan. Jika kaca yang anda punya tidak mempunyai ukuran yang pas, anda bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif.

e)    Pasanglah Kaca yang Baru

Tahap ke lima adalah pemasangan kaca yang baru. Dalam pemasangan kaca ini kamu sangat memerlukan kehati – hatian dam hanya memerlukan alat lakban atau solatip serta lem penyegel yang anda gunakan di sekita tepi kaca agar kaca dapat menempel dengan kuat.

f)    Pasang Bingkai Kaca

Tahap ke enam kamu dapat memasang kembali bingkai. Dalam pesangan bingkai ini kamu dapat menggunakan paku agar bingkai menjadi lebih kuat serta anda juga dapat menggunakan lem perekat pada bagian atas serta samping kaca agar tidak mudah lepas.

Pintu kaca dapat membuat lebih indah desain bangunan anda. Selain sebagai pintu utama dalam gedung atau rumah. Pintu kaca juga dapat dijadadikan pintu belakang rumah atau bisa juga bisa dijadikan sebagai pintu aluminium kamar mandi. Lalu apa saja manfaat yang anda dapatkan dari pemakaian pintu kaca di gedung atau rumah anda?

Manfaat pemakainan pintu kaca :
  • Pintu aluminium kaca lebih ramah lingkungan, karena pintu kaca ini tidak akan memancarkan zat – zat berbahaya serta toksin yang dapat menyebabkan global warming.
  • Pemasangan pintu kaca cenderung lebih mudah dalam pemasangannya karena pemasangan pintu kaca ini dapat dilakukan sendiri.
  • Pintu kaca memiliki desain yang lebih menarik. Itu sebabnya mengapa pintu kaca kini banyak disenangi untuk menjadi pintu rumah, bandara, kantor dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *